Rabu, 13 November 2013

PERKEMBANGAN  ILMU TELEKOMUNIKASI

Telekomunikasi berasal dari dua arti kata yang berbeda, yaitu “tele” dan “komunikasi”. Tele yang berarti jauh, sedangkan komunikasi yang berarti proses penyampaian sebuah pesan atau informasi dari satu individu ke individu lain atau dari satu tempat ke tempat lain. Dengan demikian, telekomunikasi dapat diartikan sebagai proses penyampaian sebuah pesan atau informasi dari satu individu ke individu lain yang dapat dilakukan dalam jarak jauh. Bagaimana dua orang bisa saling berkomunikasi satu sama lain dengan jarak jauh yang dimaksudkan disini? Maksudnya adalah terdapat sebuah benda yang bisa menyatukan mereka, contohnya seperti telepon genggam dan komputer. Di dalam telepon genggam terdapat sebuah sinyal yang bisa menyatukan dua individu atau lebih untuk berkomunikasi dalam jarak jauh dan di komputer terdapat internet yang memungkinkan kita chatting dengan yang lain.
Komunikasi jarak jauh dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:
1.    Komunikasi Satu Arah (simplex)
Yang dimaksudkan dalam komunikasi satu arah ini adalah pengirim dan penerima informasi tidak bisa melakukan komunikasi yang berkelanjutan dengan menggunakan media yang sama. Contoh media komunikasi satu arah ini seperti radio dan televisi.
2.    Komunikasi Dua Arah (Duplex)
Yang dimaksudkan dalam komunikasi dua arah ini adalah pengirim dan penerima informasi atau pesan bisa melakukan komunikasi yang berkelanjutan dengan menggunakan media yang sama. Contoh media komunikasi dua arah ini seperti telepon dan telepon genggam.
3.    Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex)
Yang dimaksudkan dalam komunikasi semi dua arah ini adalah pengirim dan penerima informasi atau pesan melakukan komunikasi dengan cara bergantian tetapi tetap berkelanjutan. Contoh media komunikasi semi dua arah ini seperti chatting dan handy talkie.
Setiap manusia pasti sangat memerlukan komunikasi dan bertukar informasi dengan yang lainnya. Disamping itu mereka juga perlu mencari berbagai macam infomasi mengenai keadaan sekitar atau apa yang sedang terjadi. Oleh karena itu, sejak masa lampau manusia sudah berusaha untuk berkomunikasi dengan jarak jauh.
Telekomunikasi pada masa lalu dan masa sekarang jelas sangatlah berbeda. Telekomunikasi pada masa lalu menggunakan media yang sangat sederhana, pada saat itu tidak ada sama sekali yang namanya telepon genggam, internet, radio dan televisi. Masyarakat Afrika saja menggunakan drum sebagai alat telekomunikasi mereka. Sedangkan masyarakat Cina, menggunakan sebuah lempengan logam yang cukup besar dan berbentuk lingkaran yang disebut “tamtam”. Telekomunikasi pada masa sekarang jelas sangatlah berkembang, terbukti dengan kehadiran internet yang cukup membuat perubahan besar untuk dunia telekomunikasi. Pada saat ini sudah terdapat banyak sekali tempat yang menyediakan internet gratis sehingga setiap orang dapat menggunakan dan memanfaatkan internet tersebut untuk berkomunikasi atau mencari sebuah informasi kapan saja dan dimana saja. Dengan kehadiran internet dan telepon genggam, setiap manusia dapat bertelekomunikasi dimana saja.
Unsur-unsur telekomunikasi dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya:
1.    Telepon kabel
Telepon kabel ini jelas menggunakan kabel sebagai penghubung terhadap satu telepon ke telepon lain. Telepon kabel ini jelas tidak bisa dibawa kemana-kemana tidak seperti telepon genggam. Jika kita menggunakan telepon kabel ini juga kita tidak bisa leluasa melakukan berbagai aktivitas.
2.    Telepon genggam
Telepon genggam ini jelas tidak seperti telepon kabel, karena telepon genggam tidak mempunyai kabel. Dari namanya saja sudah telepon genggam, jadi jelas sekali bahwa telepon genggam bisa disimpan di kantong baju atau celana jika ukuran telepon genggam tersebut kecil, namun jika ukuran telepon genggam tersebut cukup besar, cukup dimasukkan kedalam tas. Ukuran dan jenis telepon genggam sangatlah bervariasi. Pada masa lalu, layar telepon genggam hanyalah berwarna hitam putih, tetapi saat ini layar telepon genggam sudah berwarna warni. Dengan menggunakan telepon genggam ini kita dapat melakukan segala macam aktivitas, dimana saja dan kapan saja.
3.    Telepon satelit
Telepon satelit adalah benda yang mengorbit pada benda lain, dan memiliki rotasi, revolusi, dan periode yang berbeda. Telepon satelit ini memiliki dua macam, yaitu satelit buatan dan satelit alam
            Jelas telekomunikasi sangatlah bermanfaat untuk setiap manusia, baik dari aspek sosial ekonomi, sosial budaya, dan sosial psiokologi. Pada aspek sosial ekonomi, setiap individu dapat bersosialisai dengan siapa saja dengan maksud dan tujuan ekonomi. Untuk masyarakat desa mereka dapat memudahkan interaksi dan bisnisnya. Pada aspek sosial budaya, setiap individu dapat bersosialisasi dengan siapa saja dengan maksud dan tujuan mengenai budaya, budaya Indonesia. Dan pada aspek sosial psikologi, setiap individu dapat bersosialisasi dengan siapa saja dan dimana saja dengan maksud lebih terbuka terhadap masyarakat luar. Contohnya dengan adanya telepon genggam dan internet masyarakat dapat berbicara dengan seseorang di tempat yang berbeda, sehingga mereka tidak perlu bertatap muka. Pada zaman dulu manusia melakukan komunikasi bisa dengan berkirim surat tetapi sekarang sudah ada internet yang memiliki fasilitas seperti email sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama seperti surat.
            Selain memiliki manfaat, telekomunikasi juga mempunyai dampak negatif dan positif dari masyarakat. Dengan telekomunikasi semakin berkembang dengan cepat jelas saja dapat menyebabkan kehidupan setiap masyarakat di Negara maju tidak bisa lepas bahkan jadi mereka yang dimainkan teknologi komunikasi, bukan manusia yang memainkan teknologi komunikasi. Dampak teknologi telekomunikasi terhadap masyarakat kelas bawah jelas sangatlah negatif, karena kehidupan yang semakin canggih dan berkembang dapat membuat mereka jauh dari pekerjaan.
            Seperti yang kita ketahui bahwa Palapa Ring adalah sebuah proyek pembangunan jaringan serat optik yang dapat menjangkau 33 provinsi, 440 kota dengan panjang kabel laut 35.280 kilometer dan panjang kabel daratan 21.807 kilometer. Palapa ring tersebut juga mempunyai manfaat, seperti menciptakan aplikasi dan dapat membuat tarif telekomunikasi menjadi murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar